• gambar

Selamat Datang di Website SMA NEGERI ARJASA JEMBER. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMA NEGERI ARJASA JEMBER

NPSN : 20523843

Jln.Sultan Agung No.64 Arjasa Jember


info@smanarjasajember.sch.id

TLP : 0331540133


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 66790
Pengunjung : 26836
Hari ini : 122
Hits hari ini : 216
Member Online : 1
IP : 44.220.44.148
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Pupuk Enzim Buatan Ekskul LIngkungan Hidup dan KIR SMA Negeri Arjasa Jember




Sampah organik yang ada di lingkungan sekitar kita ternyata memiliki banyak manfaat apabila diolah dengan cara yang tepat. Selain menjadi pupuk kompos, sisa sampah organik bisa dibuat jadi eco enzyme.
Eco enzyme ini nantinya dapat berguna sebagai bahan untuk cairan pembersih rumah serbaguna, mulai dari membersihkan furnitur, piring, pakaian, hingga penyegar udara alami. Cara membuat eco enzyme pun sangat mudah.Eco-enzym ialah larutan hasil fermentasi sampah organik kulit buah dengan campuran gula merah dan air yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik.


Eco enzyme adalah cairan yang dihasilkan dari hasil fermentasi sampah organik. Melansir laman Zero Waste Indonesia, eco enzyme atau dikenal juga enzim sampah pertama kali diperkenalkan oleh Rosukon Poompanvong, pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Gagasan Poompanvong adalah mengolah enzim dari sampah organik yang biasanya hanya berakhir di tempat sampah jadi bermanfaat sebagai pembersih organik.

Eco enzyme ini sangat ramah lingkungan juga mudah dibuat dan digunakan. Pembuatan eco enzyme hanya membutuhkan air, gula sebagai sumber karbon, dan sampah organik. Karena alami dan bebas dari campuran zat kimia, eco enzyme mudah terurai serta tidak berbahaya bagi manusia maupun lingkungan. Bahkan kandungan probiotik dalam eco enzyme disebut-sebut bermanfaat untuk kesehatan kulit. Di samping banyak digunakan untuk cairan pembersih serbaguna, eco enzyme juga dapat dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman, pestisida alami, hingga membersihkan air yang tercemar.


Mengusung tema Cinta Lingkungan Hidup, ekskul SMA Negeri Arjasa  Jember Lingkungan Hidup dan KIR  ingin memanfaatkan sampah organik yang ada di lingkungan sekolah. Kedua ekskul ini melakukan Kolaborasi yang sangat  indah, memanfaatkan sampah organik yang ada di sekolah kemudian mereka olah menjadi pupuk eco-enzym. Kegiatan ini juga sejalan dengan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema Gaya Hidup Berkelanjutan. (ES).



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas