• gambar

Selamat Datang di Website SMA NEGERI ARJASA JEMBER. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMA NEGERI ARJASA JEMBER

NPSN : 20523843

Jln.Sultan Agung No.64 Arjasa Jember


info@smanarjasajember.sch.id

TLP : 0331540133


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 58613
Pengunjung : 22768
Hari ini : 58
Hits hari ini : 106
Member Online : 1
IP : 3.239.91.5
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Pembiasaan Disiplin Positif di SMA Negeri Arjasa Jember




Disiplin positif merupakan cara pengasuhan yang baik. Disiplin positif sendiri memiliki arti pembentukan kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku anak yang positif dengan kasih sayang sehingga anak dapat menjadi makhluk sosial dan tumbuh berkembang dengan optimal . Disiplin positif mengajarkan keterampilan sosial dan kehidupan yang penting bagi anak-anak dan orang dewasa (orang tua, guru, dan pendidik lainnya). Beberapa orang menganggap bahwa disiplin positif merupakan sebuah pemberian kebebasan utuh kepada anak. Namun, sebenarnya konsep disiplin bukanlah pemberian kebebasan penuh kepada anak-anak, melainkan pemberian kebebasan dengan disertai ikatan-ikatan.

Disiplin positif memiliki gambaran umum sebagai berikut: (1) komunikasi yang jelas mengenai aturan dan ekspektasi; (2) hubungan yang menghargai kondisi anak serta saling menguntungkan antara pengasuh dan anak; (3) mengajarkan anak keterampilan seumur hidup; (4) meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri anak dalam menghadapi tantangan; dan (6) berdasarkan nilai keramahan, empati, hak asasi manusia, dan kesopanan (Hidayat dkk, 2016). Tujuan dari disiplin positif sendiri yaitu mengajarkan anak bagaimana bertingkah laku, memahami petunjuk, peraturan dan perintah orang dewasa agar anak dapat bertingkah laku sesuai harapan, memberi kesempatan kepada anak untuk memperbaiki diri sesuai ekspektasi lingkungan, dan membuat anak dapat bertanggung jawab terhadap tingkah apa yang telah dilakukannya.

SMA Negeri Arjasa Jember sebagai sekolah yang mengutamakan pendidikan karakter selalu melakukan pembiasaan positif dalam keseharian peserta didik. Pembiasan disiplin positif yang dilaksanakan antara lain; disiplin positif keyakinan kelas yang dilakukan oleh guru-guru pada kegiatan belajar mengajar, disiplin positif kehadiran murid yang dilaksanakan oleh BK dan Tim  Kesiswaan, pembiasaan positif 5 S, sholat Jumat berjamaah, dan tilawah pagi yang dikoordinir oleh Tim Pendidikan Karakter dan Tim Kerohanian SMA Negeri Arjasa Jember.

Agar disiplin positif yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif diperlukan adanya asas-asas  yang melandasi penerapan disiplin positif agar berhasil seperti yang diharapkan. Asas-asas tersebut yaitu (1) saling menghormati; (2) mengidentifikasi motif dibalik perilaku anak; (3) komunikasi efektif dan keterampilan memecahkan masalah; (4) Mengajarkan, bukan menghukum; (5) fokus pada solusi, bukan hukuman; (6) memberikan dorongan, bukan hanya sekedar pujian. (ES)

 

.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas